Nama : Ida Parwati
NPM : 1610080
Prodi : Manajemen I/B
Quiz : ke-8
1. Apa yang disebut dengan pasar dan pemasaran!
Jawab:
Pengertian pasar adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi
ada kemajuan dalam bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak
hanya dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan
lain Lain.
Pengertian Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2. Jelaskan pengertian permintaan dan pemasaran beserta
factor-faktor yang memengaruhi!
Jawab:
a. Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang
diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.
b.
Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
c.
Factor-faktor
yang mempengaruhi permintaan:
1. Harga barang itu sendiri
2. Hagra barang lain yang memiliki hubungan (barang
pengganti atau barang pelengkap)
3. Pendapatan
4. Selera
5. Jumlah penduduk
6. Factor khusus
3. Sebutkan pengelompokan pasar dilihat dari jenis
struktur pasar yang ada!
Jawab:
Berdasarkan
strukturnya, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.
a. Pasar persaingan
sempurna merupakan ebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang
sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga
penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya
berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang
dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk
terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal
dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan
iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
b. Pasar persaingan
tidak sempurna, yang terdiri atas
1) Pasar monopoli (dari
bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk
pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga
pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan
atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan
diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang
tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki
suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu
mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat
barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya
di pasar gelap (black market).
2) Pasar oligopoli
adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari
sepuluh.
Dalam pasar oligopoli,
setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan
permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan
produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk
menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktek oligopoli
umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan
potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan
oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat
maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi
harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.
Struktur pasar
oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital
intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan
industri kertas.
3) Pasar persaingan
monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen
yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua
shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang
dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan
aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.
Pada pasar
monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun
pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli.
Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan
ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain,
dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. Misalnya,
pasar sepeda motor di Indonesia. Produk sepeda motor memang cenderung bersifat
homogen, tetapi masing-masing memiliki ciri khusus sendiri. Sebut saja sepeda
motor Honda, di mana ciri khususnya adalah irit bahan bakar. Sedangkan Yamaha
memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan jarang rusak. Akibatnya
tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masing-masing.
Pada pasar persaingan
monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana
kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat,
sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal
akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya,
perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan
produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.
4) Pasar monopsoni
bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau
pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga.
Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara
permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu
perusahaan.
Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
5) Pasar ologopsoni
adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan
banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen. Contoh Telkom, indosat, Mobile-8,
excelcomindo adalah beberapa perusahaan pembeli infrastruktur telekomunikasi
seluler.
4.
Jelaskan
apa yang disebut dengan pasar konsumen, pasar industri, pasar reseller, dan
pasar internasional
Jawab:
·
Pasar
konsumen adalah pasar dimana individu dan rumah tangga dapat membeli atau
memperoleh barang dan jasa untuk di konsumsi sendiri.
·
Pasar
industri adalah pasar dimana pihak-pihak (perusahaan) yang membeli barang dan
jasa, menggunakannya kembali untuk menghasilkan barang dan jasa lain atau
disewakan kepada pihak lain untuk mengambil untung.
·
Pasar
reseller adalah pasar yang terdiri atas yunit-yunit pemerintah yang membeli
atau menyewa barang dan atau jasa untuk melaksanakan fungsi utama pemerintah,
baik pusat maupun daerah.
·
Pasar
internasional adalah pasar produk dan atau jasa yang terdiri atas pasar antar
Negara atau pasar internasional (export dan import).
5. Apa yang menjadi tujuan dari adanya kegiatan
pemasaran!
Jawab:
Tujuan dari
adanya kegiatan pemasaran adalah:
1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk
yang di hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaa mereka atas
produk yang dihasilkan.
2. Perusahaan dapat menjelaskan semua kegiatan yang
berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran meliputi berbagai kegiatan,
mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk,
pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk hingga
ketangan konsumen secara tepat.
6. Dalam strategi pemasaran dapat digunakan strategi SWOT
(Strength, Weakness, Opportunity, dan Treath), jelaskan masing-masing istilah
tersebut!
Jawab:
- Strength (kekuatan). Calon pengusaha perlu melakukan analisis atas kekuatan diri sendiri atau kekuatan perusahaan dan kekuatan pesaing terdekat untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif, efisien dan tepat sasaran.
- Weakness (kelemahan). Calon pengusaha perlu melakukan analisis atas semua kelemahan diri, kelemahan perusahaan sehingga dapat dijadikan pelajaran untuk perbaikan strategi pemasaran yang dijalankan, dan juga menganalisis kelemahan pesaing terdekat agar dapat dimanfaatkan secara wajar untuk kepentingan bisnis.
- Opportunity (peluang). Calon pengusaha harus jeli untuk memanfaatkan setiap peluang pasar, misalnya kecenderungan selera tertentu dari konsumen, kurangnya persediaan produk pesaing, meningkatnya daya beli masyarakat dan lain sebagainya.
- Treath (ancaman). Calon pengusaha perlu melakukan analisis berbagai kemungkinan yang dapat merusak strategi pemasaran yang sedang dijalankan. Ancaman ini dapat datang dari dalam maupun dari luar sehingga harus betul betul waspada.
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan
bagaimana cara menyusun segmentasi pasar yang baik!
Jawab:
·
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
·
Cara
menyusun segmentasi pasar
1. Berdasarkan geografi (terkait wilayah)
2. Berdasarkan demografi (terkait usia, pendidikan, suku, agama, pendapatan)
3. Bedasarkan psikografi ( karakteristik konsumen, gaya hidup, kelas sosial)
4. Berdasarkan perilaku (cara konsumen menggunakan produk)
1. Berdasarkan geografi (terkait wilayah)
2. Berdasarkan demografi (terkait usia, pendidikan, suku, agama, pendapatan)
3. Bedasarkan psikografi ( karakteristik konsumen, gaya hidup, kelas sosial)
4. Berdasarkan perilaku (cara konsumen menggunakan produk)
8. Sebutkan beberapa variabel untuk menentukan segmentasi
pasar!
Jawab:
·
Variabel-variabel
segmentasi. Berbagai parameter digunakan untuk membeda bedakan satu bentuk
perilaku pasar dari yang lain demi pembagian menjadi ruas-ruas pasar
·
Variabel-variabel
kepentingan. Karakteristik atau sifat-sifat khas yang membedakan segmen-segmen
pasar sesuai kepentingan yang nampak.
·
Variabel
demografis. Sifat khas yang menggambarkan berbagai konsumen dengan kekuatan
daya beli mereka.
9. Sebutkan beberapa manfaat kajian analisis pesaing
dalam pengembangan kewirausahaan!
Jawab:
·
Keunggulan
dan kelemahan yang dimiliki perusahaan pesaing.
·
Aslasan
pelanggan menggunakan produk yang kita hasilkan serta alasan pelanggan
menggunakan produk yang dihasilkan pesaing.
·
Kita dapat
melakukan komunikasi terhadap faktor faktor keunggulan kompetitif secara
efektif dengan pelanggan yang potensial.
·
Menyebabkan
kita berfikir kreatif dan inovatif untuk melakukan perubahan guna meningkatkan
nilai produk yang kita hasilkan.
·
Mengetahui
bebrapa kategori keinginan pelanggan yang tidak terpenuhi.
10.
Sebutkan bagaimana strategi mencari dan
mempertahankan pelanggan!
Jawab:
·
Mengelola
atau memelihara tingkat kepuasan konsumen, misalnya dengan mengiklankan
kualitas produk, manfaat produk, merancang ulang produk, menyediakan layanan
khusus kepada konsumen.
·
Menyederhanakan
proses pembelian misalnya dengan melakukan pengiriman cepat, menawarkan
berbagai variasi produk yang dapat dipilih dengan mudah, memudahkan pembelian
dengan sistem keagenan atau melalui suatu distriubutor khusus yang bergerak
dibidang itu, menjamin perlingdungan terhadap kerususakan dan perbaikan produk.
·
Menambah
daya tarik produk sehingga konsumen tidak beralih kemerek lain, misalnya dengan
mengambangkan perluasan merek, menawarkan produk dengan berbagai merek,
menurunkan harga, menambah daya tarik produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar