Sabtu, 21 Januari 2017

PENGANTAR BISNIS

Nama                   : Ida Parwati
NPM           : 1610080
Prodi          : Manajemen I/B
Quiz           : ke-8

1.     Apa yang disebut dengan pasar dan pemasaran!
Jawab:
Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar  melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pengertian  Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

2.     Jelaskan pengertian permintaan dan pemasaran beserta factor-faktor yang memengaruhi!
Jawab:
a.       Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu.
b.      Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
c.       Factor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1.     Harga barang itu sendiri
2.     Hagra barang lain yang memiliki hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap)
3.     Pendapatan
4.     Selera
5.     Jumlah penduduk
6.     Factor khusus

3.     Sebutkan pengelompokan pasar dilihat dari jenis struktur pasar yang ada!
Jawab:
Berdasarkan strukturnya, pasar dibedakan menjadi sebagai berikut.
a. Pasar persaingan sempurna merupakan ebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
b. Pasar persaingan tidak sempurna, yang terdiri atas
1) Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap (black market).
2) Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.
Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.
3) Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.
Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga walaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli. Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga. Misalnya, pasar sepeda motor di Indonesia. Produk sepeda motor memang cenderung bersifat homogen, tetapi masing-masing memiliki ciri khusus sendiri. Sebut saja sepeda motor Honda, di mana ciri khususnya adalah irit bahan bakar. Sedangkan Yamaha memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan jarang rusak. Akibatnya tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masing-masing.
Pada pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan. Bagaimana kemampuan perusahaan menciptakan citra yang baik di dalam benak masyarakat, sehingga membuat mereka mau membeli produk tersebut meskipun dengan harga mahal akan sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berada dalam pasar monopolistik harus aktif mempromosikan produk sekaligus menjaga citra perusahaannya.
4) Pasar monopsoni bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
5) Pasar ologopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen. Contoh Telkom, indosat, Mobile-8, excelcomindo adalah beberapa perusahaan pembeli infrastruktur telekomunikasi seluler.
4.     Jelaskan apa yang disebut dengan pasar konsumen, pasar industri, pasar reseller, dan pasar internasional
Jawab:
·         Pasar konsumen adalah pasar dimana individu dan rumah tangga dapat membeli atau memperoleh barang dan jasa untuk di konsumsi sendiri.
·         Pasar industri adalah pasar dimana pihak-pihak (perusahaan) yang membeli barang dan jasa, menggunakannya kembali untuk menghasilkan barang dan jasa lain atau disewakan kepada pihak lain untuk mengambil untung.
·         Pasar reseller adalah pasar yang terdiri atas yunit-yunit pemerintah yang membeli atau menyewa barang dan atau jasa untuk melaksanakan fungsi utama pemerintah, baik pusat maupun daerah.
·         Pasar internasional adalah pasar produk dan atau jasa yang terdiri atas pasar antar Negara atau pasar internasional (export dan import).
5.     Apa yang menjadi tujuan dari adanya kegiatan pemasaran!
Jawab:
Tujuan dari adanya kegiatan pemasaran adalah:
1.     Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang di hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaa mereka atas produk yang dihasilkan.
2.     Perusahaan dapat menjelaskan semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk hingga ketangan konsumen secara tepat.



6.     Dalam strategi pemasaran dapat digunakan strategi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Treath), jelaskan masing-masing istilah tersebut!
Jawab:
  • Strength (kekuatan). Calon pengusaha perlu melakukan analisis atas kekuatan diri sendiri atau kekuatan perusahaan dan kekuatan pesaing terdekat untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif, efisien dan tepat sasaran.
  • Weakness (kelemahan). Calon pengusaha perlu melakukan analisis atas semua kelemahan diri, kelemahan perusahaan sehingga dapat dijadikan pelajaran untuk perbaikan strategi pemasaran yang dijalankan, dan juga menganalisis kelemahan pesaing terdekat agar dapat dimanfaatkan secara wajar untuk kepentingan bisnis.
  • Opportunity (peluang). Calon pengusaha harus jeli untuk memanfaatkan setiap peluang pasar, misalnya kecenderungan selera tertentu dari konsumen, kurangnya persediaan produk pesaing, meningkatnya daya beli masyarakat dan lain sebagainya.
  • Treath (ancaman). Calon pengusaha perlu melakukan analisis berbagai kemungkinan yang dapat merusak strategi pemasaran yang sedang dijalankan. Ancaman ini dapat datang dari dalam maupun dari luar sehingga harus betul betul waspada.

7.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar dan bagaimana cara menyusun segmentasi pasar yang baik!
Jawab:
·         Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
·         Cara menyusun segmentasi pasar
1. Berdasarkan geografi (terkait wilayah)
2. Berdasarkan demografi (terkait usia, pendidikan, suku, agama, pendapatan)
3. Bedasarkan psikografi ( karakteristik konsumen, gaya hidup, kelas sosial)
4. Berdasarkan perilaku (cara konsumen menggunakan produk)

8.     Sebutkan beberapa variabel untuk menentukan segmentasi pasar!
Jawab:
·         Variabel-variabel segmentasi. Berbagai parameter digunakan untuk membeda bedakan satu bentuk perilaku pasar dari yang lain demi pembagian menjadi ruas-ruas pasar
·         Variabel-variabel kepentingan. Karakteristik atau sifat-sifat khas yang membedakan segmen-segmen pasar sesuai kepentingan yang nampak.
·         Variabel demografis. Sifat khas yang menggambarkan berbagai konsumen dengan kekuatan daya beli mereka.



9.     Sebutkan beberapa manfaat kajian analisis pesaing dalam pengembangan kewirausahaan!
Jawab:
·         Keunggulan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan pesaing.
·         Aslasan pelanggan menggunakan produk yang kita hasilkan serta alasan pelanggan menggunakan produk yang dihasilkan pesaing.
·         Kita dapat melakukan komunikasi terhadap faktor faktor keunggulan kompetitif secara efektif dengan pelanggan yang potensial.
·         Menyebabkan kita berfikir kreatif dan inovatif untuk melakukan perubahan guna meningkatkan nilai produk yang kita hasilkan.
·         Mengetahui bebrapa kategori keinginan pelanggan yang tidak terpenuhi.


10.                         Sebutkan bagaimana strategi mencari dan mempertahankan pelanggan!
Jawab:
·         Mengelola atau memelihara tingkat kepuasan konsumen, misalnya dengan mengiklankan kualitas produk, manfaat produk, merancang ulang produk, menyediakan layanan khusus kepada konsumen.
·         Menyederhanakan proses pembelian misalnya dengan melakukan pengiriman cepat, menawarkan berbagai variasi produk yang dapat dipilih dengan mudah, memudahkan pembelian dengan sistem keagenan atau melalui suatu distriubutor khusus yang bergerak dibidang itu, menjamin perlingdungan terhadap kerususakan dan perbaikan produk.
·         Menambah daya tarik produk sehingga konsumen tidak beralih kemerek lain, misalnya dengan mengambangkan perluasan merek, menawarkan produk dengan berbagai merek, menurunkan harga, menambah daya tarik produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar