QUIZ 4
1. Mengapa
ilmu manajemen ini makin lama makin terasa penting?
Jawaban :
Karena jika tidak ada ilmu
manajemen maka kita akan menghadapi kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah
kita rencanakan sejak awal. Kepentingan umum keberadaan manajemen akan terjamin
tercapai kepentingan umum mengingat manajemen berpangkal pada kerja sama antara
semua unit organisasi termasuk orang-orang didalamnya.manajemen memperjuangkan
kepentingan semua pihak yang ada dalam organisasi. Manajemen dapat dipastikan
sangat membantu pemimpin organisasi dalam menentukan kerja sama yang harus
dibangun dalam organisasi yang dipimpinnya atau melebihi kebijakan-kebijakan
untuk meraih tujuan yang diinginkan. Selain itu, manajemen bagaimanapun sangat
dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan
menjadi kendala bagi tercapainya tujuan organisasi ataupun usaha yang akan
dilakukan.
2. Apa
perbedaan pekerjaan administrasi dengan manajemen eksekutif?
Jawaban :
Administrasi
diperuntukkan untuk menentukan tujuan inti atau menetapkan kebijakan.
Administrasi berada pada level operasional, dimana melaksanakan apa yang
diperintahkan oleh para pengambil keputusan. Administrasi lebih luas dan lebih
berperan dari pada manajemen. Administrasi sebagai pekerja tulis menulis ataupun
tata usaha dan sebagai unsur bantuan saja bagi manajemen. Sedangkan Manajemen untuk pelaksanaan kegiatan
guna mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan, manajemen
berada pada level atas dengan posisi jajaran manajer, level ini seringkali
disebut sebagai level pengambil keputusan. Manajemen lebih luas dan lebih besar
peranannya dibandingkan dengan administrasi.
3. Apakah
yang dimaksud dengan planning dalam hubungan dengan manajemen bisnis?
Jawaban :
Planning
adalah
proses dasar manajemen dalam mengambil keputusan dan tindakan. Perusahaan harus
menetapkan tujuan dan sasaran yang henAAdak akan dicapai sebelum melakukan
proses-proses perencanaan. Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari
suatu manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah
dinamis karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan tidak akan berjalan. Fungsi manajemen yang
berhubungan dengan persiapan masa depan kegiatan bisnis.
·
Menetapkan
tujuan perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek
·
Memformulasikan policy bisnis, prosedur dan programnya
·
Menyediakan
metode untuk pengawasan keuangan, termasuk penggunaan anggaran dan prosedur
pengawasannya.
4. Mengapa
fungsi manajerial penting ditampilkan pada setiap jenjang operasional?
Jawaban :
Fungsi manajerial penting pada
operasional karena sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengawasan didalam perusahaan.
5. Coba
bandingkan fungsi manajemen koordinasi dan fungsi kontrol!
Jawaban :
Fungsi
Koordinasi (coordinating),
fungsi ini menyangkut mengintegrasikan berbagai unit yang berbeda, termasuk
prosedur, orang, polisy, dan perencanaan. Makin besar organisasi, makin penting
fungsi ini. Koordinasi harus ada pada setiap tingkat organisasi. Misalnya mandor
harus melihat bahwa bagian produksi harus dikoordinasikan dengan departemen
yang bertanggung jawab mengenai bahan baku. Bagian disain produk harus ada
koordinasi dengan bagian penjualan, agar dapat mengetahui pilihan dan kebutuhan
konsumen. Pekerjaan koordinasi ini dapat berjalan secara otomatis melalui
berbagai manajer asal prosedurnya sudah ditetapkan untuk itu. Tidaklah biasa
membentuk departemen koordinasi dan pengawasan sendiri yang khusus bertanggung
jawab melihat apakah pekerjaan koordinasi sudah terlaksana atau belum.
Fungsi
Kontrol (controlling),
controlling artinya membimbing pekerjaan agar mengikuti arah yang diharapkan,
yang telah ditetapkan. Ini tidak sama artinya dengan memberi perintah atau
komando, yang banyak dilakukan oleh para pengawas. Demikian pula kontrol bukan
berarti mencari-cari kesalahan orang lain, akan tetapi kontrol bertujuan mengembalikan
segala sesuatu ke jalan yang benar. Controlling berarti memonitor kemajuan
perusahaan dengan berpedoman kepada tujuan yang hendak dicapai, dan
memperbaikinya bila terjadi penyimpangan.
6. Bagaimanakah
bidang manajemen bisnis memperoleh keuntungan dari kontribusi Taylor?
Jawaban :
Dengan menganalisis dan mengukur
waktu gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pegawai pabrik dalam serangkaian
pekerjaan dengan komponen-komponen yang tercepat dan terbaik dalam suatu
pekerjaan. Dengan demikian kita dapat menentukan sebarapa pekerjaan akan dapat
bekerja dengan peralatan dan bahan yang tersedia.
7. Karakteristik
penting apakah yang perlu dimiliki oleh eksekutif?
Jawaban :
·
Technical
Skills, keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk
melakukan pekerjaan khusus. Keterampilan teknik ini sangat penting bagi first
line manajers. Kebanyakan manajer level ini, banyak sibuk membantu para
pegawainya yang memperoleh masalah dalam pekerjaannya. Ada kalanya eksekutif
harus melatih karyawan, ,memberi petunjuk-petunjuk teknis sebelum memulai
pekerjaan, kemudian mengawasi dan mengoreksi hasil pekerjaan karyawan
·
Human
Relation Skills, keterampilan manajer untuk bekerja
secara efektif dengan orang lain atau dengan kelompok karyawan. Keterampilan
ini diperlihatkan dalam bentuk bagaimana dia memperlakukan bawahan,
melaksanakan tugas dan bagaimana dia berhubungan dengan relasi, ramah, sopan,
grogy, percaya diri, sabar emosional dan lainnya. Eksekutif yang kurang dalam
human skills ini akan menimbulkan masalah dengan bawahan dan dengan orang lain,
dan bahkan bisa menimbulkan kemerosotan moral dan semangat kerja karyawan.
·
Conceptual
Skills, kemampuan eksekutif untuk melihat perusahaan secara
keseluruhan, bagaimana bagian-bagian saling tergantung dan apa yang akan
terjadi bila ada sesuatu yang berubah. Eksekutif harus mampu berpikir abstrak,
bisa membayangkan, mendiagnosa dan menganalisis setiap situasi yang mungkin
berbeda. Dia bisa memikirkan pasar baru yang akan dirintis, menganalisa akibat
dari suatu keputusan dan sebagainya.
·
Decision
Making Skills, kemampuan untuk mendefinisikan masalah
dan membuat alternatif tindakan yang tepat guna mengatasi masalah tersebut.
Jika banyak alternatif maka dia harus bisa mengevaluasi mana alternatif
terbaik, yang kurang beresiko. Dapat mengatur pelaksanaannya dan mengawasi
sehingga keputusan dapat dilaksanakan secara efektif.
·
Time
Management Skills, kemampuan dalam memakai waktu secara
efisien.
·
Jujur dan
berkata apa yang sebenarnya memang terjadi
·
Menceritakan
diri dengan cara yang tegas
·
Bersedia
mempertimbangkan sudut pandang orang lain
·
Mengekspresikan
diri yang benar-benar yakin akan suatu hal
·
Selalu tenang
dan bisa menjaga diri di segala situasi
·
Percaya diri dam
memiliki cara bertindak pasti dalam setiap apa yang dilakukan dan dikatakan
·
Yakin dan
bersungguh-sungguh dengan apa yang dikatakan
·
Berpikir dahulu
akan segala sesuatu sebelum bicara ataupun sebelum bertindak
·
Mudah merima
siapapun dan ramah terhadap mereka, sopan dan santun.
8. Kemukakan
perilaku yang harus dimiliki seorang eksekutif yang baik!
Jawaban :
Managerial
traits
a. Mengerti
bagaimana proses manajemen dan mengapa demikian
b. Mengerti
tentang pengaruh sosial, ekonomi, dan politik terhadap bisnis
c. Memiliki
keterampilan konseptual untuk mengambil keputusan
d. Memiliki
apresiasi tentang tanggung jawab bisnis terhadap peningkatan kemakmuran
masyarakat
e. Pengetahuan
tentang bagaimana pentingnya menjaga hubungan baik dengan seluruh orang dalam
perusahaan
f. Apresiasi
tentang perlunya training dan pendidikan untuk meningkatkan hasil pekerjaan.
Personal
traits
a. Kemampuan
memimpin orang lain
b. Keinginan
untuk bekerja sama dengan orang lain
c. Kemauan
untuk mendengar pendapat orang lain, dan tetap dengan pikiran terbuka mendengar
sampai semua fakta terungkapkan
d. Keinginan
menerima tanggung jawab
e. Pendekatan
yang dinamis terhadap ide, baik ide baru maupun ide lama
f. Menjaga
moral tinggi dan etika
g. Kemampuan
berkomunikasi secara efektif, baik dalam bentuk tertulis maupun bentuk lisan
h. Memiliki
stabilitas emosional, pada setiap saat, tanpa melihat apapun tekanan yang
datang dari luar.
9. Jelaskan
perbedaam antara manusia, teknik, dan konsep keterampilan!
Jawaban :
a. Manusia adalah
mahluk sosial yang diberi jasmani dan rohani untuk berpikir, berakal budi dan
selalu membutuhkan orang lain.
b. Teknik adalah
penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia dengan
cara pengetahuan dan pengalaman manusia itu sendiri untuk mendesain objek atau
proses yang berguna.
c. Konsep
keterampilan adalah kelebihan atau kecakapan yang
dimiliki oleh seseorang untuk mampu menggunakan akal, pikiran, ide, dan
kreatifnya dalam mengerjakan atau mengerjakan sesuatu.
10.
Diskusikan delapan anak tangga untuk mencapai
sukses dalam karir seseorang dan hubungkan dengan pribadi anda!
Jawaban :
a. Mau kerja keras
(Capacity for Hard Work). Sikap kerja keras harus dimiliki
oleh seorang wirausahawan. Unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab
bagaimana orang mau bekerja keras jika disiplin tidak ada.
b. Bekerjasama
dengan orang lain (Getting Things Done With &Through People) Seorang
wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Dia tidak suka fitnah,
sok hebat, arogan, tidak suka menyikut, menggunting dalam lipatan.
c. Penampilan yang
baik (Good Appearance) Bukan berarti penampilan muka yang
elok tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin.
d. Yakin (Self
Confidence) Diimplementasikan dalam tindakan
sehari-hari, melangkah pasti, tekun, sabar, tidak ragu-ragu. Setiap hari
otaknya berputar membuat rencana dan perhitungan alternatif.
e. Pandai membuat
keputusan (Making Sound Decision) Jika anda dihadapkan
pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang.
Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu
ambil keputusan.
f. Mau menambah
ilmu pengetahuan (College Education) Pendidikan baik formal
maupun non formal akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan
jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang penting disini adalah
adanya tambahan pengetahun.
g. Ambisi untuk
maju (Ambition Drive) Seorang wirausahawan dituntut
pantang menyerah. Dan harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju.
Orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan biasanya banyak
berhasil dalam kehidupan.
h. Pandai
berkomunikasi (Ability to communicate) Berarti pandai
mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas,
menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain.
Komunikasi yang baik, diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam
pembicaraan akan sangat membantu seseorang mengembangkan karir di masa depan.
11.
Diskusikan
bagaimana praktek kepemimpinan 3 arah dalam masyarakat kita?
Jawaban :
a. Berusaha memimpin ke atas
(lead up) yaitu mempengaruhi pemimpinnya, dan meringankan beban atasan.
b. Berusaha memimpin ke samping (lead
across) yaitu membantu
koleganya untuk bekerja sama mencapai sesuatu yang produktif,, dan memperoleh
rasa saling hormat.
c. Berusaha memimpin ke bawah(lead down) yaitu membantu anak buah untuk meningkatkan
potensinya, dia dapat memberi contoh serta membantu orang lain untuk mencapai
tujuan yang lebih tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar