Sabtu, 21 Januari 2017

PENGANTAR BISNIS



QUIZ 4
1.     Mengapa ilmu manajemen ini makin lama makin terasa penting?
Jawaban :
Karena jika tidak ada ilmu manajemen maka kita akan menghadapi kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah kita rencanakan sejak awal. Kepentingan umum keberadaan manajemen akan terjamin tercapai kepentingan umum mengingat manajemen berpangkal pada kerja sama antara semua unit organisasi termasuk orang-orang didalamnya.manajemen memperjuangkan kepentingan semua pihak yang ada dalam organisasi. Manajemen dapat dipastikan sangat membantu pemimpin organisasi dalam menentukan kerja sama yang harus dibangun dalam organisasi yang dipimpinnya atau melebihi kebijakan-kebijakan untuk meraih tujuan yang diinginkan. Selain itu, manajemen bagaimanapun sangat dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan menjadi kendala bagi tercapainya tujuan organisasi ataupun usaha yang akan dilakukan.

2.     Apa perbedaan pekerjaan administrasi dengan manajemen eksekutif?
Jawaban :
Administrasi diperuntukkan untuk menentukan tujuan inti atau menetapkan kebijakan. Administrasi berada pada level operasional, dimana melaksanakan apa yang diperintahkan oleh para pengambil keputusan. Administrasi lebih luas dan lebih berperan dari pada manajemen. Administrasi sebagai pekerja tulis menulis ataupun tata usaha dan sebagai unsur bantuan saja bagi manajemen. Sedangkan Manajemen untuk pelaksanaan kegiatan guna mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan, manajemen berada pada level atas dengan posisi jajaran manajer, level ini seringkali disebut sebagai level pengambil keputusan. Manajemen lebih luas dan lebih besar peranannya dibandingkan dengan administrasi.

3.     Apakah yang dimaksud dengan planning dalam hubungan dengan manajemen bisnis?
Jawaban :
Planning adalah proses dasar manajemen dalam mengambil keputusan dan tindakan. Perusahaan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang henAAdak akan dicapai sebelum melakukan proses-proses perencanaan. Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tidak akan berjalan. Fungsi manajemen yang berhubungan dengan persiapan masa depan kegiatan bisnis.
·        Menetapkan tujuan perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek
·        Memformulasikan policy bisnis, prosedur dan programnya
·        Menyediakan metode untuk pengawasan keuangan, termasuk penggunaan anggaran dan prosedur pengawasannya.

4.     Mengapa fungsi manajerial penting ditampilkan pada setiap jenjang operasional?
Jawaban :
Fungsi manajerial penting pada operasional karena sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan didalam perusahaan.

5.     Coba bandingkan fungsi manajemen koordinasi dan fungsi kontrol!
Jawaban :
Fungsi Koordinasi (coordinating), fungsi ini menyangkut mengintegrasikan berbagai unit yang berbeda, termasuk prosedur, orang, polisy, dan perencanaan. Makin besar organisasi, makin penting fungsi ini. Koordinasi harus ada pada setiap tingkat organisasi. Misalnya mandor harus melihat bahwa bagian produksi harus dikoordinasikan dengan departemen yang bertanggung jawab mengenai bahan baku. Bagian disain produk harus ada koordinasi dengan bagian penjualan, agar dapat mengetahui pilihan dan kebutuhan konsumen. Pekerjaan koordinasi ini dapat berjalan secara otomatis melalui berbagai manajer asal prosedurnya sudah ditetapkan untuk itu. Tidaklah biasa membentuk departemen koordinasi dan pengawasan sendiri yang khusus bertanggung jawab melihat apakah pekerjaan koordinasi sudah terlaksana atau belum.
Fungsi Kontrol (controlling), controlling artinya membimbing pekerjaan agar mengikuti arah yang diharapkan, yang telah ditetapkan. Ini tidak sama artinya dengan memberi perintah atau komando, yang banyak dilakukan oleh para pengawas. Demikian pula kontrol bukan berarti mencari-cari kesalahan orang lain, akan tetapi kontrol bertujuan mengembalikan segala sesuatu ke jalan yang benar. Controlling berarti memonitor kemajuan perusahaan dengan berpedoman kepada tujuan yang hendak dicapai, dan memperbaikinya bila terjadi penyimpangan.

6.     Bagaimanakah bidang manajemen bisnis memperoleh keuntungan dari kontribusi Taylor?
Jawaban :
Dengan menganalisis dan mengukur waktu gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pegawai pabrik dalam serangkaian pekerjaan dengan komponen-komponen yang tercepat dan terbaik dalam suatu pekerjaan. Dengan demikian kita dapat menentukan sebarapa pekerjaan akan dapat bekerja dengan peralatan dan bahan yang tersedia.

7.     Karakteristik penting apakah yang perlu dimiliki oleh eksekutif?
Jawaban :
·        Technical Skills, keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaan khusus. Keterampilan teknik ini sangat penting bagi first line manajers. Kebanyakan manajer level ini, banyak sibuk membantu para pegawainya yang memperoleh masalah dalam pekerjaannya. Ada kalanya eksekutif harus melatih karyawan, ,memberi petunjuk-petunjuk teknis sebelum memulai pekerjaan, kemudian mengawasi dan mengoreksi hasil pekerjaan karyawan
·        Human Relation Skills, keterampilan manajer untuk bekerja secara efektif dengan orang lain atau dengan kelompok karyawan. Keterampilan ini diperlihatkan dalam bentuk bagaimana dia memperlakukan bawahan, melaksanakan tugas dan bagaimana dia berhubungan dengan relasi, ramah, sopan, grogy, percaya diri, sabar emosional dan lainnya. Eksekutif yang kurang dalam human skills ini akan menimbulkan masalah dengan bawahan dan dengan orang lain, dan bahkan bisa menimbulkan kemerosotan moral dan semangat kerja karyawan.
·        Conceptual Skills, kemampuan eksekutif untuk melihat perusahaan secara keseluruhan, bagaimana bagian-bagian saling tergantung dan apa yang akan terjadi bila ada sesuatu yang berubah. Eksekutif harus mampu berpikir abstrak, bisa membayangkan, mendiagnosa dan menganalisis setiap situasi yang mungkin berbeda. Dia bisa memikirkan pasar baru yang akan dirintis, menganalisa akibat dari suatu keputusan dan sebagainya.
·        Decision Making Skills, kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan membuat alternatif tindakan yang tepat guna mengatasi masalah tersebut. Jika banyak alternatif maka dia harus bisa mengevaluasi mana alternatif terbaik, yang kurang beresiko. Dapat mengatur pelaksanaannya dan mengawasi sehingga keputusan dapat dilaksanakan secara efektif.
·        Time Management Skills, kemampuan dalam memakai waktu secara efisien.
·        Jujur dan berkata apa yang sebenarnya memang terjadi
·        Menceritakan diri dengan cara yang tegas
·        Bersedia mempertimbangkan sudut pandang orang lain
·        Mengekspresikan diri yang benar-benar yakin akan suatu hal
·        Selalu tenang dan bisa menjaga diri di segala situasi
·        Percaya diri dam memiliki cara bertindak pasti dalam setiap apa yang dilakukan dan dikatakan
·        Yakin dan bersungguh-sungguh dengan apa yang dikatakan
·        Berpikir dahulu akan segala sesuatu sebelum bicara ataupun sebelum bertindak
·        Mudah merima siapapun dan ramah terhadap mereka, sopan dan santun.

8.     Kemukakan perilaku yang harus dimiliki seorang eksekutif yang baik!
Jawaban :
Managerial traits
a.     Mengerti bagaimana proses manajemen dan mengapa demikian
b.     Mengerti tentang pengaruh sosial, ekonomi, dan politik terhadap bisnis
c.      Memiliki keterampilan konseptual untuk mengambil keputusan
d.     Memiliki apresiasi tentang tanggung jawab bisnis terhadap peningkatan kemakmuran masyarakat
e.      Pengetahuan tentang bagaimana pentingnya menjaga hubungan baik dengan seluruh orang dalam perusahaan
f.       Apresiasi tentang perlunya training dan pendidikan untuk meningkatkan hasil pekerjaan.
Personal traits
a.     Kemampuan memimpin orang lain
b.     Keinginan untuk bekerja sama dengan orang lain
c.      Kemauan untuk mendengar pendapat orang lain, dan tetap dengan pikiran terbuka mendengar sampai semua fakta terungkapkan
d.     Keinginan menerima tanggung jawab
e.      Pendekatan yang dinamis terhadap ide, baik ide baru maupun ide lama
f.       Menjaga moral tinggi dan etika
g.     Kemampuan berkomunikasi secara efektif, baik dalam bentuk tertulis maupun bentuk lisan
h.     Memiliki stabilitas emosional, pada setiap saat, tanpa melihat apapun tekanan yang datang dari luar.

9.     Jelaskan perbedaam antara manusia, teknik, dan konsep keterampilan!
Jawaban :
a.     Manusia adalah mahluk sosial yang diberi jasmani dan rohani untuk berpikir, berakal budi dan selalu membutuhkan orang lain.
b.     Teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia dengan cara pengetahuan dan pengalaman manusia itu sendiri untuk mendesain objek atau proses yang berguna.
c.      Konsep keterampilan adalah kelebihan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mampu menggunakan akal, pikiran, ide, dan kreatifnya dalam mengerjakan atau mengerjakan sesuatu.

10.                         Diskusikan delapan anak tangga untuk mencapai sukses dalam karir seseorang dan hubungkan dengan pribadi anda!
Jawaban :
a.     Mau kerja keras (Capacity for Hard Work). Sikap kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab bagaimana orang mau bekerja keras jika disiplin tidak ada.
b.     Bekerjasama dengan orang lain (Getting Things Done With &Through People) Seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Dia tidak suka fitnah, sok hebat, arogan, tidak suka menyikut, menggunting dalam lipatan.
c.      Penampilan yang baik (Good Appearance) Bukan berarti penampilan muka yang elok tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin.
d.     Yakin (Self Confidence) Diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari, melangkah pasti, tekun, sabar, tidak ragu-ragu. Setiap hari otaknya berputar membuat rencana dan perhitungan alternatif.
e.      Pandai membuat keputusan (Making Sound Decision) Jika anda dihadapkan pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan.
f.       Mau menambah ilmu pengetahuan (College Education) Pendidikan baik formal maupun non formal akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang penting disini adalah adanya tambahan pengetahun.
g.     Ambisi untuk maju (Ambition Drive) Seorang wirausahawan dituntut pantang menyerah. Dan harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan biasanya banyak berhasil dalam kehidupan.
h.     Pandai berkomunikasi (Ability to communicate) Berarti pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi yang baik, diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang mengembangkan karir di masa depan.

11.                        Diskusikan bagaimana praktek kepemimpinan 3 arah dalam masyarakat kita?
Jawaban :
a.     Berusaha memimpin ke atas (lead up) yaitu mempengaruhi pemimpinnya, dan meringankan beban atasan.
b.     Berusaha memimpin ke samping (lead across) yaitu membantu koleganya untuk bekerja sama mencapai sesuatu yang produktif,, dan memperoleh rasa saling hormat.
c.      Berusaha memimpin ke bawah(lead down) yaitu membantu anak buah untuk meningkatkan potensinya, dia dapat memberi contoh serta membantu orang lain untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar