Sabtu, 21 Januari 2017

PENGANTAR BISNIS



Nama                   : Ida Parwati
NPM           : 1610080
Prodi           : Manajemen I/B
Quiz           :  10

1.     Variabel apa saja yang harus dipertimbangkan oleh pengusaha untuk memilih lokasi pabrik, kenapa variabel itu penting?
Jawab:
·        Dekat dengan sumber material
Sumber bahan baku atau bahan mentah yang diperlukan sebagai input, harus dipertimbangkan. Ini sangat erat hubungannya dengan biaya produksi. Bahan baku yang murah harganya tetapi jauh letaknya dari lokasi perusahaan, akan mengakibatkan biaya angkutan relatif tinggi dan biaya produk relatif mahal sehingga harga jual produk juga mahal. lokasi perusahaan haruslah ditempatkan pada lokasi yang biaya pengangkutan atau biaya materialnya relatif murah. Pertimbangan lain suatu perusahaan harus dekat dengan bahan baku, terutama bagi perusahaan yang menggunakan bahan baku yang mudah busuk seperti industri bahan makanan, industri pengalengan, dsb.

·        Dekat dengan pasar
Bagi pengusaha dalam bidang penjualan produk, biaya dan waktu diperlukan untuk mengangkut produk ke pelanggan, adalah suatu pertimbangan utama. Karena itu, perusahaan harus ditempatkan dekat pusat pasarnya. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam mendekati pasar, yaitu kuantitas dan kualitas produk yang akan dijual, daya beli masyarakat, dan jenis produk yang akan dihasilkan. Barang yang lekas rusak, seperti daging, ikan  memerlukan kecepatan untuk sampai ke pasar, hal ini perlu dipertimbangkan.



·        Mudah fasilitas transportasi
Lokasi perusahaan harus dekat dengan sarana transportasi, agar hubungan antara produsen dan konsumen di pasar; antara produsen dengan pemasok bahan baku mudah atau cepat, bila menerima bahan baku untuk diproses menjadi produk jadi dan cepat mengirim produknya baik ke pasar maupun ke pemesan, maka akan memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Pertimbangan tersebut, pada dasarnya, adalah agar biaya transportasi dapat ditekan serendah mungkin sehingga harga barang dapat bersaing di pasar.
·        Dekat dengan tenaga kerja yang cocok                                        
Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi, yang mempunyai pengaruh langsung terhadap hasil produksi. Tingkat upah yang di suatu lingkungan masyarakat, harus menjadi perhitungan dalam menentukan lokasi, agar bisa disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Dan juga Faktor kemampuan tenaga kerja di suatu lokasi produksi.
·        Sesuaikan dengan segmen masyarakat yang akan diraih.       
Misalnya jika ingin membuka klinik kesehatan untuk kelas menengah ke atas  maka lokasi perumahaan kelas menengah atas menjadi masuk akal. Atau jika ingin membuka toko bahan-bahan bangunan sebaiknya mencari lokasi perumahan yang sedang berkembang.
·        Mudah memperoleh bahan bakar
·        Mudah memperoleh air, dan
·        Sikap pemerintah setempat serta masyarakatnya.
Pertimbangan mana yang penting bagi suatu industri tidaklah sama. variabel diatas penting karena untuk memudahkan dalam pengoperasian pabrik itu sendiri,dan bisa menghemat biaya, sehingga dihasilkan laba yang banyak.

2.     Untuk menjaga agar pesanan dari langganan dapat dilayani tepat pada waktunya , tindakan apa saja yang perlu diambil oleh pimpinan perusahaan?
Jawab:
·        Berikan perhatian before dan after sales
Sebagian besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang. Karenanya untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen, serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.
·        Ciptakan sebuah hubungan yang saling menguntungkan
Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya.
Strategi pemasaran seperti ini tentunya terbilang kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa menentukan produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar bisa seimbang dan saling menguntungkan.
·        Lakukan follow up pasca penjualan
Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya Anda mencatat semua customer yang pernah membeli produk Anda dan mencoba melakukan follow up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah, namun sampai hari ini belum semua pelaku usaha melakukannya. Biasanya mereka kurang peduli dengan prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari sasaran (konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen yang pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.
·        Tawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen
Seperti halnya mall-mall besar maupun pusat perbelanjaan di kota-kota besar yang biasanya menawarkan program premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Anda pun juga bisa mencoba program tersebut untuk
membangun loyalitas konsumen. Mulailah dengan menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja menawarkan diskon khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau menawarkan bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di perusahaan Anda.
·        Berikan keuntungan bagi pelanggan setia Anda
Selain menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia Anda. Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus bisa membantu Anda dalam meningkatkan
pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka program reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk Anda. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian berulang-ulang.
3.     Kegiatan apa saja yang termasuk ke dalam tindakan pengawasan mutu produksi?
Jawab:
·        Kegiatan inspeksi
Fungsi penting dari inspeksi ialah mengawasi pekerjaan agar berjalan sesuai dengan standar.
·        Kegiatan pemberian keterangan
·        Kegiatan penyelidikan

4.     Mengapa perlu diadakan normalisasi, dan tipisasi?
Jawab:
·        Normalisasi maksudnya  ialah tipisiasi untuk seluruh cabang produksi dengan kata lain mengadakan kesatuan dalam beberapa sifat teknis barang atau bagian bagian lainnya.
·        Tipisiasi maksudnya membatasi jumlah perbedaan yang terdapat dalam hasil produksi , sehingga menjadi beberapa tipe saja.

5.     Coba anda ungkapkan hubungan antara routing,scheduling, dispatching dengan tujuan efisien!
Jawab:
Routing,  yakni menentukan ke mana datagram akan dikirim agarmencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi ini merupakan fungsi terpentingdari Internet Protocol (IP). Sebagai protokol yang bersifat connectionless,proses routing sepenuhnya ditentukan oleh jaringan. Pengirim tidakmemiliki kendali terhadap paket yang dikirimkannya untuk bisa mencapaitujuan. Router-router pada jaringan TCP/IP lah yang sangat menentukandalam penyampaian datagram dari penerima ke tujuan.

6.     Kegiatan mana dalam manajemen produksi yang memikirkan pelestarian lingkungan dengan mengurangi efek polusi?
Jawab:
Kegiatan (program)langit biru, yakni program yang bertujuan untuk menghilangkan pencemaran udara dan mewujudkan bumi yang sadardan peduli terhadap lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar