Senin, 09 Januari 2017

Pengantar bisnis



Quiz-2
1.     Jelaskan secara ringkas pengertian bisnis!
Jawaban :
Bisnis adalah bentuk kegiatan penjualan barang dan jasa kepada konsumen yang bertujuan untuk mencari ataupun memperoleh keuntungan atau berlangsung secara terus menerus selama masih memberi keuntungan tersebut.

2.     Untuk menjalankan usaha, perusahaan memerlukan apa yang dinamakan faktor-faktor produksi. Uraikan secara ringkas mengenai faktor-faktor produksi tersebut!
Jawaban :
a.  Faktor Produksi Alam (SDA) yaitu semua kandungan alam ataupun faktor-faktor yang disediakan oleh alam sebagai bahan mentah atau bahan baku  yang digunakan dalam proses produksi.
b.  Faktor Produksi Tenaga Kerja yaitu sumber daya manusia atau pelaksana yang dapat digunakan untuk kegiatan dan proses produksi.
c.  Faktor Produksi Modal yaitu segala hasil produksi manusia yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa.
d.  Faktor Produksi Kewirausahaan yaitu kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan faktor-faktor produksi alam, tenaga kerja, dan modal agar dapat menghasilkan barang atau jasa dalam usaha memperoleh keuntungannya.

3.     Terdapat beberapa faktor yang ikut menentukan iklim bisnis. Sebutkan faktor-faktor tersebut serta jelaskan!
Jawaban :
a.     Investasi merupakan kegiatan penanaman modal untuk memperluas dan meningkatkan produksi barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
b.     Tabungan merupakan jumlah uang yang diputuskan oleh pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier (pengganda) ataupun bagian dari pendapatan yang tidak digunakan untuk konsumsi.
c.       Pemerintah juga dapat berperan sebagai sebagai pengelola sistem bisnis.

4.     Key result area meliputi apa saja? Jelaskan!
Jawaban :
-         Marketing Standing (penguasaan perusahaan) yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka pajang.
-         Innovation yaitu inovasi dalam produk baik barang maupun jasa serta inovasi keahlian.
-         Physical And Financial Resources yaitu perusahaan yag memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
-         Manager Performance and Development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk mencapai pengelolaan perusahaan yang baik maka diperlukan peningkatan kinerja dan meningkatkan kemampuan melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development.
-         Worker Performance and Attitude, sikap karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
-         Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi serta menciptakan lapangan kerja.

5.     Sistem bisnis dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebutkan faktor tersebut dan jelaskan!
Jawaban :
d.     Inflasi → Inflasi suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadi penurunan nilai uang dalam negeri.
e.      Pengangguran → jumlah tenaga kerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan tetapi belum memperolehnya.
f.       Tabungan dan investasi → tabungan merupakan bagian dari pendapatan yang tidak digunakan untuk konsumsi. Dan investasi yaitu kegiatan penanaman modal untuk memperluas dan meningkatkan produksi barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
g.     Pemerintahan → tidak ada satu negarapun di dunia ini yang tidak melibatkan peranan dalam sistem perekonomiannya, karena untuk memelihara keamanan dan pertahanan dalam negeri, menyelenggarakan peradilan, menyediakan brang-barang yang tidak bisa disediakan oleh pihak swasta.
h.     Produktifitas → keluaran barang dan jasa per unit kerja. Produktivitas tenaga kerja memiliki hubungan langsung dan positif dengan pertumbuhan ekonomi.

6.     Sebutkan beberapa klasifikasi bisnis yang dikembangkan di indonesia beserta contoh kasusnya!
Jawaban :
§  Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan baku atau komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
§  Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
§  Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
§  Pertanian dan usaha pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.
§  Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
§  Informasi Bisnis adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual properti).
§  Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
§  Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.
§  Bisnis transportasi adalah keuntungan bisnis dengan memberikan barang atau individu dari sebuah lokasi yang lain.

7.     Jelaskan istilah-istilah berikut: inflasi, deflasi, pengangguran, investasi, produktivitas, dan Corporate Social Responsibility!
Jawaban :
-         Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadi penurunan nilai uang dalam negeri.
-         Deflasi adalah suatu keadaan dimana terdapat peristiwa penurunan harga barang umum secara terus menerus atau terjadi peningkatan nilai uang.
-         Pengangguran yaitu jumlah tenaga kerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan tetapi belum memperolehnya.
-         Investasi yaitu kegiatan penanaman modal untuk memperluas dan meningkatkan produksi barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
-         Produktivitas adalah keluaran barang dan jasa per unit kerja.
-         Corporate social responsibility adalah suatu moral yang baik dan sangat penting bagi dunia usaha serta baik bagi masyarakat.

8.     Kegiatan bisnis merupakan sistem yang berhubungan erat dengan lingkungan sekitarnya. Sebutkan dan jelaskan pengaruh lingkungan terhadap kegiatan bisnis tersebut!
Jawaban :
-         Lingkungan Internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi bisnis secara langsung
-         Lingkungan Eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi
-         Lingkungan Eksternal Khusus adalah lingkungan yang secara langsung relevan mempengaruhi kinerja perusahaan
-         Lingkungan Eksternal Umum adalah lingkungan yang tidak terlalu mempengaruhi kinerja perusahaan secar langsung
-         Kondisi Ekonomi menciptakan pengaruh pada bisnis dalam pola timbal balik. Misalnya, kestabilan dan pertumbuhan ekonomi akan mempengaruhi dunia usaha, dan perkembangan dunia usaha akan mewujudkan kestabilan ekonomi.
-         Kondisi Politik dan Hukum membatasi kebijakan manajerial, termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya manusia
-         Konsisi Sosial Budaya mempengaruhi minat konsumen dengan tren yang sedang berkembang
-         Kondisi Demografi menciptakan karakteristik masyarakat yang berpengaruh langsung pada sumber daya manusia
-         Teknologi berpengaruh dalam pengembangan usaha
-         Globalisasi menciptakan pasar yang besar dan pesaing yang semakin tajam.



9.     Jelaskan secara diagramatis konsep Enterprise Resource Planning dalam menjalankan bisnis yang kompetitif!
Jawaban :
ec-erp-system-overview
ERP singkatan dari 3 elemen kata yaitu, Enterprise (perusahaan/organisasi), Resource (sumber daya), Planning (perencanaan), 3 kata ini mencerminkan sebuah konsep yang berujung kepada kata kerja, yaitu “planning” yang berarti bahwa ERP menekankan kepada aspek perencanaan.
ERP adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP  didasarkan  pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system ystemr yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.

10.                        Jelaskan istilah-istilah berikut: pemilik (owners), pekerja (employee), pengelola (management), kreditur (creditor), pelanggan (customer), pemasok (suppliers), pemerintah (government), dan pesaing (competitor)!
Jawaban :
a.     Pemilik (owner) yaitu mereka yang secara historis maupun hukum dinyatakan sebagai pemilik sebagai akibat adanya penyertaan modal atau berdasarkan pada ketentuan lain dinyatakan sebagai pemilik organisasi.
b.     Pekerja (employee) yaitu sumber daya manusia organisasi atau perusahaan yang bergelut dalam aktivitas oprasional perusahaan dan menjalankan tugas tugas keseharian organisasi berdasarkan apa yang telah ditetapkan manajemen.
c.      Pengelola (management) yaitu orang-orang yang menurut para pemilik organisasi atau perusahaan dinyatakan atau ditunjuk sebagai pengelola organisasi untuk satu periode tertentu.
d.     Kreditur (creditor) yaitu pihak ketiga yang mempunyai dana lebih dan karena kepercayaannya terhadap organisasi bisnis msks mereka mau meminjamkan dana yang dimilikinya atau menginvestasikan dananya untuk organiasi tertentu.
e.      Pelanggan (customer) yaitu masyarakat yang secara langsung memanfaatkan, menggunakan, dan mengajukan permintaan atas barang dan jasa yang telah ditawarkan organisasi.
f.       Pemasok (supplier) adalah pihak yang terkait langsung dalamkegiatan bisnis organisasi, khususnya organisasi bisnis yang memproduksi barang jadi dengan mengolah berbagai jenis bahan baku.
g.     Pemerintah (government) yaitu pihak yang atas letimigasi politik tertentu di suatu negara, diangkat dan diberi tugas untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik dengan melaksanakan pembangunan disegala bidang.
h.     Pesaing (competitor) yaitu organisasi lain yang menjalankan bisnis yang sama dengan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar