Senin, 09 Januari 2017

Pengantar bisnis



Quiz-1
1.     Coba definisikan terminologis bisnis dan apa fungsi utamanaya!
Jawab :
Secara terminologis bisnis merupakan suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok.
Fungsi utamanya :
-         Mengubah bentuknya (Form Utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
-         Memindahkan tempat produk itu (Place Utility), atau fungsi distribusi
-         Mengubah kepemilikan (Possessive Utility), yaitu fungsi penjualan
-         Menunda waktu kegunaan (Time Utility), atau fungsi pemasaran.
2.     Coba kemukakan perbedaan sumbangan pertanian dibandingkan dengan industri dalam lapangan pekerjaan
Jawaban :
Struktur umur pada pertanian cenderung tua pada industri lebih muda karena pada industri membutuhkan seseorang untuk bekerja lebih cepat,tepat dan memenuhi permintaan pasar yang biasanya dalam julmah yang besar sedangkan pertanian siapapun bisa melakukan nya asal tau dan memahami langkah kerjanya.
3.     Coba jelaskan trend kesempatan kerja, sektor mana yang banyak dan sektor mana yang kurang menyerap tenaga kerja
Jawaban :
Trend adalah adanya suatu pergerakan yang terpola dari periode satu ke periode berikutnya, trend kesempatankerja untuk sebuah negara yang berfokus pad industri akan selalu meningkat karena permintaan pasar yang meningkat. Trend kesempatan kerja juga sangat ditentukan oleh kondidi demografis dari penduduk disuatu wilayah, apakah penduiduk tersebut memiliki kesempatan untuk mendaftarkan pekerjaan.
Diindonesia sektor yang selalu terbuka untuk kesempatan kerja adalah informatio tecnologi, keungan, teknik, dan industri pangan. Sedangkan yang tidak memiliki kesempatan kerja banyak adalah sektorpertambangan dimana sumber daya alam sangat terbatas.
4.     Kemukakan cara cara yang memberi peluang pada seseorang untuk memulai bisnis
Jawaban :
a.     Ciptakan peluang bisnis dari problem yang dihadapi lingkungan sekitar. Dengan begitu anda memperoleh peluang atau ide bisnis, untik memeberikan solusi bagi mereka.
b.     Ciptakan peluang bisnis yang dapat menggeser para pesaing, melengkapi kekurangan produk yang ada di pasaran dan mampu menghancurkan market leader yang sudah ada
c.      Setelah mendapatkan beberapa ide atau peluang bisnis selanjutnya membuat daftar peluang tersebut, pilihlah 3 peluang bisnis yang paling berpotensi yang anda ciptakan
d.     Tuliskan peluang peluang tersebut beserta target waktu yang ditetapkan
e.      Mulailah untuk mengambil keputusan
f.       Jangan pernah takut untuk mencoba
g.     Mulailah menciptakan kesuksesan dari dari usaha kecil terlebih dahulu, dengan itu akan meningkatkan rasa percaya diri anda dan mengurangi rasa takut anda.
5.     Coba bandingkan kemungkinan masa depan seseorang menggaji diri sendiri dan seseorang yang menerima gaji dari orang lain!
Jawaban :
Menurut pendapat saya menggaji diri sendiri memiliki masa daepan yang bagus karena
-         Mendapatkan kepuasan atas kerja dan usaha yang dijalani
-         Pemikiran akan lebih luas lagi dalam mengembangkan usaha
-         Dari usaha yang dijalani dapat membuka lapangan kerja bagi oranglain
-         Dapat menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan lain
-         Sudah mempunyai kesiapan apabila gagal, sehingga bila membangun lagi tidak terjadi kesalahan yang sama
-         Usaha yang dijalani dapat diteruskan oleh anak dan cucu sebagai usaha keluarga
-         Menjadikan diri sebagai seorang pemimpin yang bijaksana
6.     Mengapa kesempatan pertama ada pada seseorang yang pernah belajar atau tamat dari perguruan tinggi untuk mrmbuka bisnis, apalagi yang memepelajariilmu tata niaga, jelaskan!
Jawaban :
Karena seseorang lulusan perguruan tinggi ilmunya tentu lebih banyak dan berwawasan luas serta punya stategi yang matang untuk memulai bisnis apalagi yang khusus mempelajari ilmu tata niaga pasti dia lebih tau tentang peluang bisnis.
7.     Apakah artinya seseorang itu membuka peluang bagi dirinya sendiri
Jawaban :
Seseorang ,membuka peluang bagi diri sendiri artinya peluang itu ada pada dirinya sendiri karena apabila seseorang itu mau berusaha maka peluang akan muncul dari usaha udaha yang dilakukannya untuk memperoleh peluang tersebut. Sebagian orang yang berpendidikan banyak memperoleh peluang lebih bagus, karena ia terus dan terus ,menggali dan mengaah pikirannya untuk membuka pluang untuk dirinya sendiri dengan pengetahuan yang dia miliki.
8.     Ada orang yang mengatakan bahwa peluang bagus itu hanya satu kali. Bagaimana pendapat anda tentang pernyataan itu?
Jawaban :
Saya sangat tidak setuju dengan pendapat itu karena peluang bagus itu akan datang setiap kesempatan dimana seseorang tersebut selalu berusaha dan tidak putus asa untuk mendapatkan kesempatan emas itu. Contohnya saja apabila kita gagal melalukan suatu pekerjaan, pasti kita akan trus dan terus meperbaikinya hingga hasil yang diinginkan tercapai. Begitu juga dengan peluang emas, apabila  kita terus dan terus mencari, berusaha, tidak putus asa, maka peluang emas itu akan datang.
9.     Coba diskusikan bagaimanakah hubungan peluang dengan motivasi! Apakah tanpa motivasi peluang bermanfaat?
Jawaban :
Dalam peluang movasi dibutuhkan karena seseorang harus diberi motivasi agar dapat membangkitkan daya inisiatifa dan kreatifitasnya. Bisa saja namunhasilnya tidak akan maksimal
10.                        Bagaimanakah semangat kaum remaja, terutama wanita saat ini untuk merintis dan mengembangkan bisnis. Sektor manakah yang menarik dan sektor manakaha yang kurang menarik, dan sektor anakah yang sulit dimasuki?
Jawaban :
Semangat kaum remaja sangat bagus terlebih lagii kaum wanita. Mereka menginginkan kedudukan yang sam dengan laki laki sehingga tidak diremehkan lagi. Dan dan jaman sekarang teknologi sudah lebih maju sehingga memungkinkan wanita untuk merintis dan mengembangkan bisnis salah satunya dengan online shop yang memudahkan para wanita terutama ibu rumah tangga yang biasa dirumah untuk melalukan bisnis hnya dengan terhubung ke internet dan tidak perlu keluar rumah.
11.                        Bandingkan pandangan masyarakat tempo dulu terhadp profesi bisnis dengan pandangan masyarakat sekarang!
Jawaban :
Pandangan masyarakat tentang profesi bisnis pada zaman sekarang dan dahulu sangat berbeda.Pada zaman dahulu masyarakat belum tertarik dengan profesi bisnis karea zaman zaman dahulu sebelum masyarakat mengenal uang, jual beli dilakukan dengan sistem barter. Lalu setelah mengenal uang, masyarakat melakukan jual beli menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Proses ini biasanya terjadi di sebuah tempat yang disebut Pasar. Proses jual beli ini dilakukan dengan nyata, dalam arti penjual dan pembeli saling bertemu, dan pembeli juga dapat melihat barang yang dijual secara langsung. Tetapi sekarang banyak kemajuan pandangan masyarakat kita terhadap bisnis dibandingkan dengan dahulu. Pada masa lalu orang tua kita memandang sebelah mata terhadap pekerjaan bisnis, karena bisnis belum dianggap sebagi profesi. Namun sekarang persepsi demikian telah berlalu, sekarang masyarakat sudah tidak memandang rendah lagi, karena bisnis sudah diangkat menjadi profesi. Sekarang profesi bisnis sudah banyak di minati kaum muda. Mereka mulai memulai bisnis kecil dan mulai menanamkan jiwa entrepreneur.Kemajuan teknologi juga sangat mempengaruhi prosei bisnis.misalnya:dahulu masyarakat masih melakukan profesi bisnis ini ssecara langsung teteapi sekarang melalui e-commerce masyarakat dapat bertransaksi tanpa harus bertemu langsung.

12.                        Mengapa kita harus mengembangkan dan mulai menekuni profesi bisnis
Jawaban  :
·        Dengan menjadi pengusaha mandiri kita akan bebas menentukan nasib sendiri, kalau kita ingin cepat sukses maka kita harus bekerja keras membangun bisnis kita. Kalau memilih lebih santai juga bisa, tergantung selera masing-masing individu.2. Tidak terikat jam kerja. Tentunya, juka kita menjadi pengusaha kita bebas menentukan jam kerja kita sendiri, lain halnya dengan pegawai kantoran, mereka terikat jam kerja di kantornya masing-masing. Belum lagi biasanya para eksekutif tersebut sering menjalani jam lembur.
·        Ide yang menumpuk di kepala bisa langsung diimplementasikan menjadi bisnis yang amat potensial. Ini yang sulit dilakukan para pekerja (eksekutif). Walaupun kita bekerja di sebuah perusahaan yang besar, kita hanyalah sebuah “sekrup kecil di sebuah mesin yang sangat besar”.
·        Persoalan Modal. Kerapkali ini adalah sesuatu yang mengganjal seseorang untuk menjadi pengusaha muda. Padahal, untuk memulai suatu usaha/bisnis tak selamanya memerlukan jumlah uang yang sangat besar. Ingat!!, Modal utama seorang pengusaha muda adalah INTEGRITAS, KONSEP BISNIS atau IDE CEMERLANG ditambah JARINGAN PERKAWANAN YANG LUAS. Yakinlah bahwa hal-hal tersebut sudah cukup sebagai modal kita memulai suatu usaha dan dari sinilah biasanya dukungan akan mengalir.
·        Yang harus dipahami “PERLU MENTAL PENGUSAHA”. Karena diawal kita memulai suatu usaha pasti muncul berbagai kendala dalam usaha kita. Jalani saja!, Yakinlah semua kendala tersebut akan tereliminasi sejalan dengan semakin berpengalamannya kita menekuni bisnis tersebut.
·        Bagaimana kalau gagal?. Hal itu adalah risiko setiap usaha. Kenapa orang-orang selalu berpikir “Bagaimana kalau Gagal?”, Kenapa mereka mengubah pemikirannnya menjadi “Bagaimana kalau berhasil?”. Jika kita berpikir kita akan sukses, Insya Allah kita akan Sukses.
·        Sebagai pengusaha muda yang mandiri, tentu saja kita tak perlu takut dipecat. Kita juga tak harus khawatir akan kehilangan jabatan, lalu melakukan politik di kantor setiap kali menjelang RUPS.
·        Sebagai pengusaha muda yang mandiri, kita akan selalu menjadi “KEPALA” di perusahaan, walau sekecil apapun bisnis kita. Hal ini jauh lebih nikmat dibandingkan dengan menjadi “EKOR” (seberapapun besarnya) di perusahaan orang lain.
·        Dengan memiliki sebuah usaha, kita tak akan pernah jadi PENSIUNAN. Kecuali kalau kita mau menyerahkan usaha yang telah kita rintis kepada orang lain.
·        Kita bisa menikmati kebebasan finansial, meski tak harus jadi konglomerat. INGAT!! Jangan ingin jadi Cepat Kaya, karna pasti terjungkal. Dan sebaiknya kita mengelola usaha dengan tidak terburu-buru. Pertahankan “life style” kita. Hiduplah sederhana dengan kebebasan finansial, pasti akan terasa lebih nyaman.
13.                        Coba anda bedakan bisnis yang mengejar laba dan bisnis yang tidak mengejar laba
Jawaban:
·        Bisnis mengejar keuntungan yaitu bisnis yang mencari untung dan keuntungannya biasanya untuk pribadi seperti pedagang. Hasil barang dagangan yang dijual biasanya untuk keperluan pribadi. Contoh membelik kebutuhan rumah tangga.
·        Bisnis yang tidak mencari keuntugan biasanya bergerak dalam bidang lembaga social yang tujuanya untuk membantu sesame.
14.                        Bagaimanakah saran anda tentang langkah langkah strategis pengusaha dalam menghadpi berbagai tantangan
Jawaban :
a.     Berani berpikir kreatif dan segera mulai melangkah
b.     Mulailah dari lingkungan anda
c.      Tetapkan biaya produksi yang proporsional
d.     Manfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas
e.      Terus kembangkan brand anda
f.       Tumbuhkan bakat berwira usaha
g.     Siap menghadapi berbagai resiko


2 komentar:

  1. Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
    Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
    Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

    Salam Hormat Saya,
    Anya Bennett.

    BalasHapus